Program Aplikasi Persediaan Barang Program Aplikasi Persediaan Barang

ads

Penjualan adalah proses dimana penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dapat dicapai manfaat baik bagi penjual maupun pembeli yang berkelanjutan dan yang menguntungkan kedua belah pihak, usaha perdagangan dan lain sebagainya.  Dalam melaksanakan proses penjualan terdapat beberapa aspek yang terlibat didalamnya, pengadaan barang, hutang, stok atau sisa barang, aset, pendapatan, pengeluaran dan lain sebagainya. Tentunya ini merupakan pekerjaan yang banyak dan merepotkan.  Pada proses penjualan sebelumnya, semua dilakukan dengan menggunakan jasa manual dengan tenaga pekerja yang sedikit.  Banyak terdapat kekurangan dan kesalahan yang terjadi pada saat itu.  Dan bisa dibayangkan kalau semua kegiatan tersebut dilakukan oleh sedikit pekerja, maka akan memakan banyak waktu menyelesaikannya dan pekerjaan menjadi tidak optimal.
Pada Rumah Enterpreneur LP3I Tasikmalaya, seperti dijelaskan di atas, penjualan sebagai nadi Rumah Enterpreneur, maka penjualan haruslah mendapatkan porsi perhatian yang lebih agar bisa lebih menopang, memajukan Rumah Enterpreneur serta mampu menghidupi dan mensejahterakan anggota serta karyawannya. Kondisi penjualan barang pada saat permintaan meningkat tajam. Disinilah persediaan barang sangat dibutuhkan agar permintaan konsumen dapat terpenuhi bila ada peningkatan penjualan  yang tidak terduga.
Disaat barang datang sangat banyak, maka pengendalian persediaan pun harus berjalan dengan cepat dengan kesalahan yang minim. Salah satu kegiatan yang terdapat di Rumah Enterpreneur LP3I Tasikmalaya, yaitu mengelola persediaan barang di bagian penyimpanan untuk menghadapi suatu kelangkaan disaat permintaan melonjak tinggi, pengelolaan data produk di Rumah Enterpreneur LP3I Tasikmalaya ini belum mempunyai sistem informasi yang baik, karena proses pengelolaan keluar dan masuknya data barang masih dilakukan dengan pencatatan pada buku besar, dan pengecekan produk jadi masih dilakukan dengan cara melihat langsung atau melihat stok barang  dengan mengecek di buku besar, sehingga masih adanya kesalahan mengenai informasi barang dan keterlambatan dalam pembuatan laporan.
Dari beberapa kekurangan yang terjadi di Rumah Enterpreneur LP3I Tasikmalaya.  yaitu dalam pengelolaan data barang, maka dibutuhkan sebuah program aplikasi yang dapat meminimalisir segala kesalahan dalam proses pengolahan persediaan barang.
Oleh karena itu, berdasarkan latar belakang di atas, maka Saya berinisiatif untuk membuat sebuah Program dengan judul “ Program Aplikasi Persediaan Barang di Rumah Enterpreneur LP3I Tasikmalaya ”.
1.    Identifikasi Masalah
Dalam  pelaksanaan  sistem  penjualan  dan juga Persediaan barang pada Rumah Entrepreneur LP3I Tasikmalaya
masih  menemui  masalah,  adapun  masalah  yang  dihadapi belakangan ini, adalah sebagai berikut :
a.    Pengolahan  Persediaan Barang masih belum efektif,  dikarenakan  masih  menggunakan jasa manual, yaitu dengan cara di catat. Sehingga seringkali terjadi kesalahan pada saat pencatatan tersebut.
b.    Pada akhir bulan, Karyawan RE masih melakukan aktivitas penghitungan barang untuk mengetahui barang yang masih tersedia dan juga yang telah keluar.
c.    Sangat menghambat sekali terutama dalam hal pembuatan laporan dan juga pada saat Kordinator RE ingin mengetahui informasi tentang persediaan barang.
Program Aplikasi Persediaan Barang Program Aplikasi Persediaan Barang Program Aplikasi Persediaan Barang Program Aplikasi Persediaan Barang Reviewed by Unknown on 23.16 Rating: 5

Tidak ada komentar: